Overview

Yayasan Kesatuan yang didirikan dengan akta notaris Tn. Sie Kwan Djioe tanggal 26 September 1953 sebagai Badan Hukum Pembina dan Penyelenggara dari Akademi Tatalaksana Kesatuan, Bogor. Kemudian tahun 1974 berkembang menjadi Akademi Manajemen Kesatuan (AMK) dengan 2 (dua) Program Studi yakni D3 Manajemen Keuangan dan Perbankan dan D3 Manajemen Pemasaran. Kemudian tahun 1996 Yayasan Kesatuan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kesatuan, dengan 2 Program Studi Strata-1 dan 1 Program Studi D3, yakni Strata 1 Manajemen, Strata 1 Akuntasi, D3 Akuntansi, dengan SK Pendirian Nomor 42/D/O/1996 tanggal 17 Juli 1996. Pada tahun 2009, AMK disatukan di bawah naungan STIE Kesatuan.


Dengan Visi, yaitu pada tahun 2025, menjadi Perguruan Tinggi yang unggul di Bidang Manajemen dan Akuntansi di tingkat nasional, relevan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta selalu mengedepankan moral dan etika. Dan memiliki Misi : Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas di bidang Manajemen dan akuntansi dengan berbasis pada kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, Menciptakan budaya akademis yang kuat dalam bidang Manajemen dan Akuntansi di kalangan dosen dan mahasiswa melalui kegiatan penelitian dan pengkajian, Mendorong pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat di bidang manajemen dan Akuntansi untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia, dan Mengembangkan jejaring dengan berbagai pihak, baik lembaga pemerintah di tingkat daerah, pusat maupun swasta lokal dan nasional.


Melalui tridarma perguruan tinggi, STIE Kesatuan haruslah menjadi perguruan tinggi yang dikenal serta memiliki reputasi baik Lembaga ini dinamakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan (STIE KESATUAN). Maksud diberi nama Kesatuan adalah untuk selalu mengenang tekad pemuda pemudi yang membentuk persatuan dan kesatuan bangsa berjuang untuk mencapai kemerdekaan. STIE KESATUAN diharapkan akan memberikan sumbangsihnya kepada negara dan bangsa untuk melahirkan insan-insan intelektual yang memiliki wawasan dan keimanan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan mewarisi semangat juang pemuda pemudi. Ditinjau dari tersedianya lembaga pendidikan tinggi dihubungkan dengan banyaknya Sekolah Menengah Umum di lingkup wilayah Bogor dan belum adanya lembaga pendidikan tinggi yang mengkhususkan diri kepada program studi ilmu ekonomi, maka atas dasar pemikiran itulah berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan ini.


STATUS AKREDITASI

- Program Studi Akuntansi S1

  Terakreditasi A : Nomor SK : 447/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014

- Program Studi Manajemen S1

  Terakreditasi B : Nomor SK : 392/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014

- Program Studi Akuntansi D3

  Terakreditasi B : Nomor SK : 021/BAN-PT/Ak-XI/Dpl-III/XI/2011

- Program Studi Keuangan dan Perbankan D3

  Terakreditasi A : Nomor SK : 2747/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VIII/2017

- Program Studi Manajemen Pemasaran D3

  Terakreditasi B : Nomor SK : 103/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/XI/2013


STIE Kesatuan selalu berupaya keras untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Strategi pemanfaatan sumber daya intelektual dalam masyarakat akademik STIE Kesatuan yang lebih optimal memerlukan jaminan tata kelola organisasi dan manajemen menuju kebijakan berbasis mutu, mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.


STIE Kesatuan berharap dimasa yang akan datang menjadi perguruan tinggi yang mampu menciptakan lulusan yang memiliki akhlak baik dan kemampuan intelektual yang kuat, melalui pengembangan pendidikan karakter.